CatLovers
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Kebotakan di kucing

Go down

Kebotakan di kucing Empty Kebotakan di kucing

Post by Admin on Mon Jan 04, 2016 4:08 pm

Kebotakan atau rontoknya bulu secara berlebihan di kucing bisa sangat mengganggu penampilan hewan dan pada beberapa kasus bisa merupakan gejala dari penyakit yang bersifat fatal. Berikut beberapa penyebab kebotakan di kucing:

1. tingkah laku kucing yang terlalu agresif sehingga cenderung menggigit kulit dan bulunya sendiri. Untuk mengendalikan kucing yang terlalu agresif ini, dokter hewan dapat memberikan obat yang diberikan setiap hari selama 21 hari.

2. Kelainan hormonal. Pada kucing jantan yang dikastrasi saat masih berumur muda, maka akan kekurangan hormon testosteron yang pada akhirnya menyebabkan kebotakan terutama didaerah pinggul hingga ekor. Pembesaran kelenjar thyroid juga menyebabkan ketidakseimbangan hormonal yang mengakibatkan kebotakan di seluruh tubuh. Cara untuk mengatasi hal ini, dokter hewan akan memberikan hormon dan obat yang sesuai.

3. Alergi. Pasien akan mengalami kebotakan karena makanan yang tidak sesuai atau kucing menghirup bahan penyebab alergi secara terus menerus. Biasanya kebotakan akan ditemukan di seluruh tubuh secara simetris (apabila tubuh bagian kiri botak maka bagian kanan juga botak) dan disertai dengan radang ringan di kulit hingga luka dan terkelupasnya kulit. Pemilik hewan dapat memberikan obat anti alergi yang biasanya dipakai manusia dan dijual bebas dengan dosis ΒΌ dosis manusia.

4. Diabetes mellitus. Selain ditandai dengan kebotakan pada sebagian tubuh, luka pada kucing akan sulit sembuh. Biasanya muncul pada kucing yang gemuk dengan lapisan lemak yang terlalu tebal.

5. Parasit kulit. Dapat berupa tungau atau jamur. Biasanya ditandai dengan ketombe di daerah kebotakan. Daerah yang mengalami kebotakan tidak simetris. Berikan salep untuk membasmi jamur untuk mengatasi kebotakan yang disebabkan oleh jamur. Namun apabila kebotakan sudah terlalu parah, maka sebaiknya hewan dibawa ke dokter hewan.

6. Kelainan kelenjar pancreas atau tumor pada kelenjar tersebut. Tidak ada obat atau terapi yang efektif untuk mengatasi hal ini dan biasanya bersifat sangat fatal.

Berikan vitamin A dan E secara rutin pada kucing anda agar memiliki kulit dan bulu yang sehat.

Admin
Admin

Jumlah posting : 44
Join date : 11.09.15

https://catlovers.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik