CatLovers
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Mengenali Tanda-Tanda Awal Penyakit

Go down

Mengenali Tanda-Tanda Awal Penyakit Empty Mengenali Tanda-Tanda Awal Penyakit

Post by Admin on Thu Oct 22, 2015 2:28 pm

Kucing bisa menderita penyakit jantung seperti juga spesies lainnya. Tetapi, kucing sangat mahir dalam menyembunyikan tanda-tanda dini penyakit ini. Perilakunya yang santai dan kemampuannya untuk tidur dapat menyembunyikan gejala yang mungkin akan tampak jelas pada hewan yang aktif. Kesulitan dalam mengenali penyakit jantung lainnya adalah kemiripan gejalanya dengan penyakit paru-paru atau saluran pernapasan. Dengan demikian, Anda harus waspada terhadap masalah kesehatan pada kucing, dan mengonsultasikannya dengan dokter hewan sedini mungkin.

[You must be registered and logged in to see this link.]
Perhatikan apakah kucing Anda tampak lesu.
Saat jantung berusaha untuk mendukung aktivitas tubuh, tetapi tidak mampu melakukannya, hal ini biasanya akan membuat kucing menjadi lesu.
- Kelesuan ini dapat timbul hanya karena sedikit peningkatan aktivitas kucing, seperti berjalan, atau menaiki tangga, yang menambah beban sistem sirkulasinya.
- Jika sirkulasi tubuh kucing tidak mampu mendukung aktivitasnya, ia akan menjadi pusing, lesu, dan lemas. Akibatnya kucing akan memilih untuk tidak bergerak dan terus beristirahat.

[You must be registered and logged in to see this link.]
Rasakan adanya peningkatan laju napas yang tidak normal.
Tanda yang harus diwaspadai dari penyakit jantung lainnya adalah jika kucing bernapas lebih cepat, bahkan dalam kondisi beristirahat. Hal ini dikenal sebagai peningkatan laju pernapasan.
- Jika Anda mencurigai napas cepat pada kucing Anda, perhatikan dan hitung jumlah napasnya dalam satu menit. Ulangi langkah ini beberapa kali untuk meyakinkan bahwa hitungan Anda tepat. Informasi ini akan sangat bermanfaat bagi dokter hewan Anda, karena banyak hewan yang bernapas dengan cepat saat di klinik sehingga pemeriksaannya dengan tepat sulit dilakukan.
- Laju napas normal pada kucing adalah antara 20-30 kali napas dalam satu menit. Laju napas lebih dari 35-40 kali napas per menit dianggap tinggi, dan di atas 40 dianggap tidak normal.
- Kucing bernapas lebih cepat karena adanya timbunan cairan di dalam paru-paru yang mengakibatkan pertukaran oksigen di jaringan paru-paru menjadi tidak efektif. Untuk mendapatkan cukup oksigen, kucing harus menarik napas lebih banyak, untuk mengatasi pertukaran oksigen yang buruk.

[You must be registered and logged in to see this link.]
Perhatikan napas kucing yang terengah-engah.
Tanda penyakit jantung lainnya adalah kucing yang bernapas melalui mulut atau terengah-engah. Bernapas dari mulut tidak lazim dilakukan kucing (terkecuali jika ia sangat tertekan atau setelah banyak bermain).
- Bernapas melalui mulut adalah usaha untuk menarik lebih banyak oksigen ke dalam paru-paru, dan merupakan tanda bahwa pertukaran oksigen mengalami gangguan.

[You must be registered and logged in to see this link.]
Waspadailah posisi kucing "haus udara".
Jika kucing kesulitan bernapas, tubuhnya mungkin akan menunjukkan posisi "haus udara". Kucing meringkuk tengkurap, dengan kepala dan lehernya terangkat lurus ke atas. Sikunya dijauhkan dari dadanya, agar dadanya dapat mengembang selebar mungkin dalam setiap tarikan napasnya.

[You must be registered and logged in to see this link.]
Ketahuilah bahwa nafsu makan yang buruk merupakan sesuatu yang harus diwaspadai.
Saat kucing menelan, ia harus berhenti bernapas. Saat jantungnya berusaha keras, dan ia sulit bernapas, maka ia tidak akan memiliki waktu untuk berhenti bernapas dan menelan makanan.


  • Gejala-gejala seperti napas terengah-engah, bernapas cepat, nafsu makan buruk, dan pingsan adalah petunjuk yang jelas bahwa ada gangguan pada jantung atau paru-paru. Untuk membedakan keduanya, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin pemeriksaan lanjutan jika perlu.

Admin
Admin

Jumlah posting : 44
Join date : 11.09.15

https://catlovers.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik