Prosedur sebelum, setelah mengimunisasikan (memvaksinkan) kucing

Go down

Prosedur sebelum, setelah mengimunisasikan (memvaksinkan) kucing Empty Prosedur sebelum, setelah mengimunisasikan (memvaksinkan) kucing

Post by Admin on Mon Jan 04, 2016 4:01 pm

Banyak pemilik baru maupun pemilik lama kucing yang semakin sadar bahwa untuk menjamin kesehatan kucing mereka, mecegah penyakit menular dan menghemat biaya perawatan apabila mereka sampai sakit, hewan-hewan tersebut perlu diiminunisasi.

Namun banyak dari para pemilik ini yang tidak tahu bahwa sebelum hewan peliharaan mereka divaksin atau diimunisasi ada beberapa prosedur yang perlu dilakukan sebelum hewan-hewan tersebut diimunisasi untuk pertama kalinya.

Berikut beberapa pengetahuan dan persiapan sebelum mengimunisasikan anjing atau kucing anda:

1. kucing harusnya sudah divaksin pertama kali saat berumur 8 minggu. Karena pada umur tersebut hewan-hewan ini sudah tidak lagi terlindungi oleh antibodi yang didapat dari induknya sehingga sangat rentan terkena penyakit terutama apabila terjadi wabah.

2. Vaksin akan diulang 4 minggu kemudian. Setelah itu vaksinasi cukup diulang lagi tiap satu tahun sekali. Perlu diingat bahwa vaksin rabies dianjurkan HANYA BOLEH diberikan apabila kucing sudah berumur minimal 12 minggu.

3. Apabila anda mendapatkan kucing tersebut sudah berumur lebih dari 3 bulan, maka cukup divaksin sekali saja pada umur tersebut dan dilanjutkan dengan pengulangan setahun sekali tersebut.

4. Apabila anda baru saja membeli kucing tersebut segera beri obat cacing dengan dosis yang sesuai, tidak peduli anda membelinya di petshop, breeder, cattery atau pasar hewan.

5. Sebelum membawa kucing untuk diimunisasikan ke dokter hewan maka biarkan hewan tersebut tinggal di tempat barunya selama kurang lebih 1 minggu agar hewan bisa beradaptasi terlebih dahulu.

6. Pastikan hewan anda sehat sebelum divaksin. Jangan memaksa dokter hewan untuk mengimunisasi kucing anda apabila dokter tersebut menemukan kelainan atau penyakit pada kucing anda. Hewan harus benar-benar SEHAT saat divaksin.

7. HARUS diingat! Anjing dan kucing anda tidak boleh dimandikan, kena air hujan dan dibawa pergi jauh dalam kurun waktu 10 hari setelah divaksin karena dalam kurun waktu tersebut tubuh kucing mengalami pembentukan antibodi sehingga rentan terhadap stress dan faktor-faktor luar yang dapat menurunkan kondisi tubuh.

Admin
Admin

Jumlah posting : 44
Join date : 11.09.15

http://catlovers.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik