CatLovers
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Tips dan trik menghentikan coprophagia di kucing

Go down

Tips dan trik menghentikan coprophagia di kucing Empty Tips dan trik menghentikan coprophagia di kucing

Post by Admin on Mon Jan 04, 2016 4:20 pm

Apakah anda sering menemukan kucing anda memakan kotorannya sendiri? Itulah yang disebut dengan keadaan coprophagia.

Ada berbagai macam hal yang menyebabkan hewan memakan kotorannya sendiri yang terbagi atas dua jenis yaitu karena masalah tingkah laku dan masalah medis.

Apabila keadaan coprophagia yang disebabkan oleh kelainan tingkah laku dibiarkan terlalu lama, dapat menyebabkan masalah medis pada akhirnya, antara lain penurunan berat badan, saluran pencernaan penuh gas, bau mulut busuk, muntah dan diare.

Berikut beberapa penyebab coprophagia yang sering ditemukan dan cara-cara mengatasinya:

1. Hewan ingin membersihkan kandangnya. Hal ini sering terjadi di kucing yang selalu dikandang, bagaimanapun hewan juga mengerti soal kenyamanan tempat tinggalnya. Percaya atau tidak sebuah penelitian bahkan menunjukkan kucing cukup pandai, sehingga mereka cenderung meniru pemiliknya yang selalu menjaga kebersihan tempat tinggalnya. Tentu saja untuk mengatasi ini, kucing harus diberi kesempatan untuk keluar dari kandangnya sehingga bisa buang air besar.

2. kucing ingin menghindari hukuman karena buang air besar di tempat yang tidak seharusnya sehingga mereka menghilangkan bukti dengan memakannya. Ini adalah saat yang tepat untuk menunjukkan perhatiannya dengan membiasakan menemani kucingnya saat buang air besar dan segera membuangnya, sehingga mereka dapat melakukannya di tempat yang diinginkan dan tidak sampai memakannya.

3. Induk yang baru melahirkan biasanya juga memakan kotoran anak-anaknya, diduga hal ini disebabkan karena kekurangan beberapa mineral yang dibutuhkan dalam proses mengandung dan melahirkan. Untuk mengatasi hal ini berikan multivitamin yang mengandung mineral yang bisa dibeli di petshop.

4. Penyebab medis dari coprophagia antara lain: kelainan di pankreas, pertumbuhan bakteri yang berlebihan di saluran pencernaan, kerongkongan yang membesar atau luka di kerongkongan, diabetes mellitus, pembesaran kelenjar tiroid dan efek samping obat-obatan tertentu.

Admin
Admin

Jumlah posting : 44
Join date : 11.09.15

https://catlovers.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik