Kucing yang lahir tampak ‘tanpa’ testis (buah zakar)

Go down

Kucing yang lahir tampak ‘tanpa’ testis (buah zakar) Empty Kucing yang lahir tampak ‘tanpa’ testis (buah zakar)

Post by Admin on Mon Jan 04, 2016 4:09 pm

Secara normal, kedua testis (buah zakar) anjing atau kucing turun ke kantung zakarnya 2 bulan setelah dilahirkan atau paling lambat pada umur 4 bulan. Apabila pada saatnya belum teraba testis atau hanya teraba salah satu buah zakar saja di kantung zakar (skrotum) maka berarti anjing atau kucing tersebut mengalami sebuah kondisi yang disebut cryptorchidism.

Anjing beagle berbeda dengan anjing lainnya, secara normal testisnya harus sudah turun ke skrotum pada hari ke 40 setelah dilahirkan.

Pada kucing jantan yang kedua testisnya tidak turun, biasanya akan mengalami kelainan tingkah laku menjadi seperti kucing betina dan memiliki bau kencing yang sangat tidak enak.

Berdasarkan sebuah penelitian di Amerika Serikat, kejadian 2 dari 100 ekor anjing dan 1 dari 100 ekor kucing yang dilahirkan akan mengalami kelainan ini. Anjing atau kucing yang mengalami kondisi ini tetap mampu menghasilkan keturunan namun testis yang tidak turun ke skrotum ini memiliki kemungkinan sangat besar untuk bermutasi menjadi sel tumor dan bahkan kanker.

Berdasar sebuah hasil penelitian lain, 53 persen testis pasien dengan kasus ini berkembang menjadi sel tumor, dan 36 persen berkembang menjadi sel kanker ganas.

Testis yang tidak turun biasanya berada di dalam daerah perut atau di daerah inguinal (daerah di antara perut bawah dan saluran kencing).

Jantan yang terdeteksi sejak dini atau pada umur 2 bulan mengalami kasus ini dapat disuntik hormon tertentu selama beberapa kali untuk merangsang testis untuk turun, namun perlu diingat bahwa hormon yang disuntikan ini cukup mahal harganya.

Cara terbaik untuk mencegah testis yang tidak turun bermutasi menjadi kanker adalah dengan mengambil buah zakar anjing dan kucing tersebut saat berumur kurang lebih 4 tahun.

Disarankan jantan yang mengalami cryptorchidism sebaiknya tidak dibreedingkan karena keturunannya akan mengalami hal yang sama. Praktek Dokter Hewan pernah menemukan 5 ekor anjing Siberian Husky jantan dalam sebuah kelahiran yang mengalami cryptorchidims yang merupakan keturunan dari pejantan yang testisnya tidak turun ke kantung zakar pejantan.

Beberapa dokter hewan melakukan operasi untuk menurunkan buah zakar ke kantungnya, terutama saat breeder anjing atau kucing memaksa, namun hal ini termasuk tidak etis alias melanggar kode etik. Tingkat keberhasilan operasi ini juga bisa dikatakan pada level nol persen dalam arti testis yang diturunkan setelah kurun waktu tertentu akan naik kembali ke rongga perut atau inguinal.

Admin
Admin

Jumlah posting : 44
Join date : 11.09.15

https://catlovers.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik