NSAID, apa’an tuh?

Go down

NSAID, apa’an tuh? Empty NSAID, apa’an tuh?

Post by Admin on Mon Jan 04, 2016 4:25 pm

Beberapa jenis obat manusia yang dijual secara bebas dapat diberikan ke hewan, namun beberapa yang lain justru menimbulkan efek samping yang sifatnya fatal bagi kesehatan hewan tersebut.

Salah satu jenis obat yang berbahaya bagi hewan tersebut adalah yang disebut non-steroidal anti-inflammatory drugs atau yang disingkat NSAID. Contoh paling mudah dari obat ini adalah parasetamol dan aspirin yang banyak dijual bebas di pasaran.

Efek samping paling jelas dari obat yang biasa digunakan untuk menurunkan panas tubuh ini di hewan yaitu muntah, diare berdarah hingga kematian mendadak beberapa jam setelah diberikan.

Parasetamol dan aspirin yang juga memiliki efek meredakan rasa nyeri dan pusing ini memiliki kapasitas untuk mengiritasi dinding lambung dan organ-organ pencernaan lainnya sehingga terbentuk semacam sariawan.

Pada tahap kronis atau lebih lanjut, obat ini dapat merusak ginjal sehingga memicu terjadinya gagal ginjal.

Kucing lebih rentan terhadap efek samping dari obat-obat golongan NSAID in dibandingkan dengan hewan peliharaan lainnya.

Indonesia tidak memiliki catatan rekam medis terhadap kasus-kasus keracunan yang terjadi pada hewan peliharaan, namun di Amerika Serikat tercatat kasus keracunan obat-obat golongan NSAID termasuk dalam daftar 10 kasus keracunan obat yang paling sering terjadi pada hewan.

Meski obat-obat golongan NSAID berbahaya jika digunakan pada hewan, pada kasus tertentu dan tergantung kondisi lapangan, dokter hewan akan meresepkan obat ini dengan dosis tertentu sehingga efek samping yang ditimbulkan bisa diminimalkan.

Sebagai salah satu contoh, dokter hewan akan memberikan suntikan obat golongan NSAID pada pasien yang mengalami penurunan nafsu makan untuk mengembalikan selera makannya.

Admin
Admin

Jumlah posting : 44
Join date : 11.09.15

http://catlovers.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik