Pertolongan pertama bila kucing muntah dan cara mudah bagi pemilik hewan mendeteksi dehidrasi

Go down

Pertolongan pertama bila kucing muntah dan cara mudah bagi pemilik hewan mendeteksi dehidrasi Empty Pertolongan pertama bila kucing muntah dan cara mudah bagi pemilik hewan mendeteksi dehidrasi

Post by Admin on Mon Jan 04, 2016 4:15 pm

kucing kadang tiba-tiba bisa memuntahkan makanannya apabila tersedak dan kondisi seperti ini kadang membuat panik pemilik, padahal sebenernya tidak akan menimbulkan efek berbahaya kecuali bila sebagian makanan yang hampir dimuntahkan masuk ke saluran pernafasan hewan tersebut.

Kondisi muntah yang dimaksud disini adalah saat kucing memuntahkan cairan bercampur makanan atau mungkin makanan selama beberapa kali dalam kurun waktu beberapa jam. Ada berbagai macam penyebab kondisi seperti ini, antara lain keracunan zat berbahaya seperti racun serangga atau tikus, infeksi virus atau bakteri, dan sakit lambung (gastritis) menahun.

Tentu saja apabila sudah muntah beberapa kali dalam kurun waktu tertentu, idealnya harus segera dibawa untuk diperiksa dan ditangani oleh dokter hewan, namun sering kali karena berbagai macam hal, maka kucing tertunda untuk diobatkan.

Berikut pertolongan pertama yang dapat diberikan saat kucing muntah:

1. Jangan memberikan makanan padat apapun segera setelah hewan muntah, ini hanya akan membuat hewan muntah kembali. Belilah di apotek sebotol cairan infuse yang bisa diminum, contohnya adalah renalyte, dan berikan ke hewan yang muntah beberapa kali tersebut sebanyak 5 cc yang dipipetkan setiap setengah jam apabila hewan sama sekali tidak mau minum untuk mencegah dehidrasi. Ada baiknya menyimpan cairan seperti ini di kulkas anda sebagai persediaan sewaktu-waktu terjadi kondisi yang tidak diinginkan.

2. Berikanlah ke kucing anda obat untuk mengatasi perih lambung yang dijual bebas dan biasa digunakan di manusia dengan dosis yang diatur sesuai berat badan hewan. Untuk kucing berbobot kurang dari 5 kg berikan sebanyak ΒΌ dosis manusia

3. Jangan meletakan hewan di tempat dingin, letakkan di tempat yang hangat dan cukup udara.

4. Apabila setelah dilakukan pertolongan pertama tersebut, kucing masih mengalami muntah 1x24 jam maka sebaiknya segera secepatnya dibawa ke dokter hewan.

Pada saat kucing mengalami muntah yang terus menerus, hewan akan kehilangan banyak cairan atau dehidrasi, berikut cara mudah yang bisa dilakukan pemilik untuk melihat apakah hewan mengalami dehidrasi atau tidak:

1. Buka kelopak mata bawah hewan, lihat warna lapisan di balik kelopak mata. Warna pada hewan normal adalah merah muda, apabila berwana pucat maka hewan mengalami dehidrasi.

2. Tarik kulit di punggung hewan. Secara normal dalam waktu 1 atau 2 detik kulit yang ditarik akan kembali ke posisi semula alias elastic, namun apabila kulit yang ditarik lama kembali ke posisi semula maka kucing mengalami dehidrasi.

Admin
Admin

Jumlah posting : 44
Join date : 11.09.15

http://catlovers.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik