Tentang Bulu Kucing

Go down

Tentang Bulu Kucing Empty Tentang Bulu Kucing

Post by tompsky on Fri Sep 11, 2015 3:21 pm

Keindahan dan kesehatan bulu ini pada dasarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, dimana sebagian dari faktor-faktor tersebut bisa kita kontrol dan sebagian yang lain tidak. Apa sajakah faktor2 tersebut?

Genetika
Faktor utama yang membentuk dan menentukan keindahan bulu adalah faktor genetika dari kedua orang tuanya. Kucing yang mempunyai big coat factor sangat berpotensi menurunkan anak2 yang mempunyai struktur bulu yang tebal juga.

Mengharapkan mempunyai anak2 kucing berbulu indah sedangkan kedua orang tuanya tidak mempunyai faktor genetika untuk hal tersebut adalah hal yang sama sekali mustahil. Seperti ada pepatah buah jatuh tak jauh dari pohonnya atau anak tidak jauh dari orang tuanya adalah kata2 yang tepat menggambarkan hal ini. Kucing yang bagus hanya bisa diturunkan dari indukan yang bagus pula.

Nutrisi
Bulu adalah terdiri dari 100% protein, oleh karena itu agar bulu kucing anda tumbuh dengan indah anda perlu memberikan makanan dengan kadar protein yang cukup. Hal itu bisa didapat dari makanan komersial (pabrik) yang bermutu tinggi ditambah dengan nutrisi tambahan dari makanan alami kaya protein seperti daging sapi mentah.

Cahaya
Kucing mengalami pertumbuhan bulu dan kerontokan bulu secara terus menerus. Kadang2 pertumbuhan lebih cepat dari kerontokan atau sebaliknya. Hal yang mempengaruhi pertumbuhan ataupun kerontokan bulu salah satunya adalah photoperiod, baik berupa lama maupun intensitas cahaya matahari yang diterima kulit. Semakin tinggi photoperiod akan membuat bulu semakin mudah rontok, begitu pula sebaliknya.

Suhu
Suhu tidak mempengaruhi langsung pada panjangnya bulu, tetapi lebih berpengaruh pada ketebalan dan pertumbuhan undercoat. Suhu yang panas bisa menyebabkan rontoknya undercoat. Untuk itu perlu diperhatikan agar kucing (terutama Persian) tidak ditempatkan pada ruangan yang bersuhu terlalu panas, begitu juga dalam hal pengeringan setelah mandi.

Umur & Hormon
Umur sangat mempengaruhi kesehatan bulu, begitu juga dengan tingkat kadar hormon. Kucing yang sedang memasuki masa birahi (baik jantan maupun betina) akan mengalami perubahan hormon yang berakibat pada kerontokan bulu. Dalam kondisi ini, biasanya kucing juga mengalami stress yang menyebabkan turunnya nafsu makan. Berkurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, otomatis akan memperparah tingkat kerontokan.

Kebersihan dan Kesehatan Bulu
Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan bulu otomatis akan mempermudah pertumbuhan bulu baru. Dengan sering memandikan, maka helai bulu akan lebih bersih dan sehat. Dengan memandikan, akan terjadi proses penggantian dari bulu tua yang tidak sehat pada tumbuhnya bulu muda yang lebih sehat.

Grooming
Bulu yang bersih dan selalu di grooming juga membebaskan dari masalah hair matting yang ujungnya akan berakibat pada kerontokan. Hal yang perlu diperhatikan pada saat menyisir bulu adalah;
~ Jangan menyisir bulu yang basah
~ Jangan menyisir bulu yang kotor dengan kasar
~ Apabila bulu kusut, sebisa mungkin urai dengan tangan
~ Gunakan conditioner untuk memperbaiki kondisi bulu yang kering

Gunakan produk yang tepat
Pemahaman tentang kualitas bulu pada akhirnya akan membawa kita pada pemilihan shampoo yang tepat untuk kucing kita. Bagaikan perawatan pada seorang penata rambut terkenal, bulu kucing kita juga membutuhkan perawatan dengan berbagai macam shampoo untuk memperindah kondisinya (Volumizing Shampoo, Texturizing Shampoo, Conditioneer, Non-Alcohol mouses & Gel, Colour Enhancing Product, dsb)

SUMBER: KUNAMON CATTERY
tompsky
tompsky
Newbie

Jumlah posting : 44
Join date : 11.09.15

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik